Kamis, 26 Januari 2012

SHOLAT SUBUH YANG MEMBAWA KEMENANGAN

Sholat Subuh Berjama'ah Yang Membawa Kemenangan
Muhammmad saw
“Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat Isya’ dan sholat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya [berjamaah di masjid] sekalipun dengan merangkak” [HR Al-Bukhari dan Muslim].
 “Setan melilit leher seorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan, ‘Nikmatilah malam yang panjang ini’. Apabila ia bangun lalu mengingat Allah, maka terlepaslah lilitan pertama. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan yang kedua. Kemudian apabila ia sholat, lepaslah lilitan yang ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak, ia akan terbawa lamban dan malas”.
“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan [waktu Isya’ dan Subuh] menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” [HR. Abu Dawud, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah].


“Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya” Jika sholatnya baik, maka baik pula seluruh amalnya; dan kalau jelek, maka jeleklah seluruh amalnya. Bagaimana mungkin seorang mukmin mengharapkan kebaikan di akhirat, sedang pada hari kiamat bukunya kosong dari sholat Subuh tepat waktu?.

 “Sholat berjamaah [bagi kaum lelaki] lebih utama dari sholat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh tujuh kali lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu sholat Subuh”. “Kemudian naiklah para Malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka bertanya kepada mereka - padahal Dia lebih mengetahui keadaan mereka - ‘Bagaimana hamba-hamba Ku ketika kalian tinggalkan ?’ Mereka menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami jumpai mereka dalam keadaan sholat juga’. ” [HR Al-Bukhari].

Rabi Yahudi
Sesungguhnya kemenangan ummat Islam terhadap Yahudi, bila jumlah orang Islam yang sholat subuh berjama’ah di Masjid sama dengan jumlah yang melaksanakan sholat Jum’at.
Rabi Yahudi tersebut tidak mengatakan, bahwa kemenangan ummat Islam terhadap Yahudi, bila ummat Islam mempunyai teknologi militer yang canggih, atau bila ummat Islam telah memiliki kekayaan harta benda yang melimpah, melainkan bila jumlah orang Islam yang sholat subuh berjama’ah di Masjid sama dengan jumlah yang sholat Jum'at. Kekuatan militer sangat penting. Demikian juga dengan kekuatan lainnya. Sebagaimana Allah swt., berfirman dalam QS. Al-Anfat: 60. Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang [yang dengan persiapan itu] kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya [dirugikan].

Pertanyaannya, kenapa justru sholat subuh berjama’ah di Masjid menjadi penyebab kemenangan Islam terhadap Yahudi?.Kekuatan apapun yang kita miliki, bila sholat subuh berjama'ah di Masjid tetap sepi, maka sekali lagi berdasarkan Rabi Yahudi, kita ummat Islam tidak akan mampu mengalahkan mereka.

Sholat subuh memang sholat wajib yang paling sedikit jumlah rekaatnya; hanya dua rekaat saja. Namun, ia menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit.

Berdasarkan kajian dari berbagai sudut pandang, kebiasaan sholat subuh berjama’ah di masjid dapat memberikan dampak positif sebagai berikut:
  1. Membangu kekuatan mental. Kajian psikologis mengatakan, bahwa kemenangan manusia diawali dengan kemenangan mental. Mental untuk menghadapi berbagai halangan dan rintangan.
  2. Mendapatkan Kekuatan fisik. Berbagai jenis penyakit tidak menyerang tubuh yang sehat. Berdadasarkan kajian dari IPB Bogor, mengatakan bahwa pada waktu subuh, konsentrasi oksigen diudara cukup tinggi, sehingga bila rutin kita menghirup udara yang berkonsentrasi oksigen tinggi, maka metabilisme dalam tubuh kita akan berjalan dengan maksimal. Metabolisme yang maksimal menjadi penyebab utatam tubuh menjadi sehat.
  3. Mendapatkan rahmat dari Alla swt., sebagaimana do’a Rasulullah saw., Ya Allah rahmatilan ummatku dipagi hari. Allahummabarik ummati fibukuriha. Demikan do’a untuk kita yang rajin sholat subuh berjama’ah.
  4. Menurut sebagian pendapat, sholat berjama’ah di Masjid mendapatkan do’a dari Malaikat. Malaikat ikut sholat berjama’ah bersama kita, dan bersama-sama mengucapkan amin diakhir bacaah Al-Fatihah. Sebagai makhluq tanpa dosa, insya Allah aminnya Malaikat dikabulkan oleh Allah swt.
  5. Allah akan memberi cahaya yang sangat terang pada hari kiamat nantinya kepada mereka yang menjaga sholat subuh berjamaah [bagi kaum lelaki di masjid], cahaya itu ada dimana saja, dan akan tetap bersama mereka sampai mereka masuk surga, Insya Allah.
  6. Mendapat jaminan dari Allah swt. Jaminan dari manusia, bisa tepat bisa meleset, tapi jaminan dari Allah awt., tidak diragukan ketepatannya. “Barang siapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Sholat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan sholat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” [HR Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah].
  7. Mendapatkan pahala silaturrahmi. Sebagaimana yang disabdakan Nabi saw., bahwa silaturrahmi dapat memanjangkan umur dan menambah rezki.
Ada hukuman khusus bagi yang meninggalkan sholat subuh. Rasulullah saw., telah menyebutkan hukuman berat bagi yang tidur dan meninggalkan sholat wajib, rata-rata penyebab utama seorang muslim meninggalkan sholat Subuh adalah tidur.

Sedangkan bagi wanita - walau sholat di masjid diperbolehkan - sholat di rumah adalah lebih baik dan lebih banyak pahalanya, yaitu yang mengerjakan sholat subuh pada saat para pria sedang sholat berjama’ah di masjid. Ujian yang membedakan antara wanita munafik dan wanita mukminah adalah sholat pada permulaan waktu.

Banyak permasalahan, yang bila diurut, bersumber dari pelaksanaan sholat subuh yang disepelekan. Banyak peristiwa petaka yang terjadi pada kaum pendurhaka terjadi di waktu subuh, yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid. “Sesungguhnya saat jatuhnya adzab kepada mereka ialah di waktu subuh; bukankah waktu subuh itu sudah dekat?” [QS. Huud: 81].

Rutinitas harian dimulainya tergantung pada pelaksanaan sholat subuh. Seluruh urusan dunia seiring dengan waktu sholat, bukan waktu sholat yang harus mengikuti urusan dunia.

“Jika kamu menolong [agama] Allah, maka ia pasti akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” [QS. Muhammad : 7].
“Sungguh Allah akan menolong orang yang menolong agamanya, sesungguhnya Allah Maha Kuat dan Maha Perkasa” [QS. Al-Hajj: 40].

TIPS MENJAGA SHOLAT SUBUH BERJAMA’AH
1.    Ikhlaskan niat karena Allah, dan berikanlah hak-hak-Nya.
2.    Bertekad dan introspeksilah diri Anda setiap hari.
3.    Bertaubat dari dosa-dosa dan berniatlah untuk tidak mengulangi kembali.
4.    Perbanyaklah membaca doa agar Allah memberi kesempatan untuk sholat subuh.
5.    Carilah kawan yang baik [shalih].
6.    Latihlah untuk tidur dengan cara yang diajarkan Rasulullah saw [tidur awal; 
       berwudhu sebelum tidur; miring ke kanan; dan berdo'a].
7.    Mengurangi makan sebelum tidur serta jauhilah teh dan kopi pada malam hari.
8.    Ingat keutamaan dan hikmah subuh; tulis dan gantunglah di atas dinding.
9.    Bantulah dengan 3 buah bel pengingat [jam weker; telpon; dan bel pintu].
10.    Ajaklah orang lain untuk sholat subuh dan mulailah dari keluarga.

Banyak orang yang kuat melangkahkan kaki beberapa kilometer setiap pagi untuk lari pagi, namun berat melangkahkan kaki beberapa puluh meter untuk ke masjid melaksanakan shalat shubuh berjama'ah.
Banyak orang mampu bangun pagi untuk mencari selembar dua lembar rupiah, namun tidak mampu bangun pagi untuk mencari kemuliaan yang lebih baik daripada dunia dan seisinya dalam shalat shubuh berjama'ah.
Masalahnya terletak pada iman, dan iman sangat terkait dengan hidayah. mari kita jemput hidayah Allah, dan rawat dengan baik jika hidayah itu pernah menyapa kita.

QS. Al-Muddatsir: 38-43
Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,
kecuali golongan kanan, berada di dalam syurga, mereka tanya menanya, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?". Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.


Jika Anda  meninggalkan sholat subuh berjama'ah, hati-hatilah bila Anda berada dalam golongan orang-orang yang tidak disukai Allah swt. Anda akan ditimpa kemalasan, iman menjadi lemah, dan fisik menjadi lemah. Allah swt., mencintai orang beriman yang mempunyai kekuatan fisik.

Saudaraku, sungguh Yahudi telah benar-benar mendominasi [mewarnai] seluruh dunia saat ini. Kita juga ummat Islam, semua sisi kehidupan kita telah mengekor kepada Yahudi. Bagi Anda yang mendambakan kemenangan Islam terhadap Yahudi, mari kita tegakkan sholat subuh berjama'ah di Masjid secara konsisten [istoqomah]. Sambil terus juga menyiapkan kekuatan-kekuatan yang lain sebagaimana QS. Al-Anfal: 60 di atas. Janji Alllah dan Rasul Nya tidak perlu kita ragukan.Wallahu a'lam.


Rujukan
DR. Raghib As-Sirjani, “misteri sholat shubuh” menyingkap 1001 hikmah sholat subuh.

Manado, 26 Januari 2012.

2 komentar:

  1. isinya bagus, tampilannya masih standar.

    BalasHapus
  2. banyak orang yang kuat melangkahkan kaki beberapa kilometer setiap pagi untuk lari pagi, namun berat melangkahkan kaki beberapa puluh meter untuk ke masjid melaksanakan shalat shubuh ..

    banyak orang mampu bangun pagi untuk mencari selembar dua lembar rupiah, namun tidak mampu bangun pagi untuk mencari kemuliaan yang lebih baik daripada dunia dan seisinya dalam shalat shubuh ...

    masalahnya terletak pada iman, dan iman sangat terkait dengan hidayah. mari kita jemput hidayah Allah, dan rawat dengan baik jika hidayah itu pernah menyapa kita.

    setiawan.

    BalasHapus